Julianto Simanjuntak menikah dengan Roswitha Ndraha dan dikaruniai dua putra Josephus (24) telah lulus S1 dari Program Desain Ateneo Manila, dan Moze (20) yang lagi menempuh bidang Pendidikan di Dallas Texas, Amerika Serikat.

Pendidikan Julianto adalah di bidang teologi di STT I3 (1988), S1 konseling pastoral dari UKSW Salatiga, S2 di bidang konseling dari STTRI (STRII) Jakarta, S2 bidang Sosiologi agama dari UKSW serta S3/ Doktor Teologi dari STT JAFFRAY. Sementara itu Roswitha lulusan S1 Jurnalistik (IISIP)  dan S2 di Bidang Pendidikan Kristen dari STT Jaffray Jakarta.

Mereka berdua memiliki kerinduan besar agar tahun 2030 di setiap kota berdiri satu pusat konseling di Indonesia. Tersedianya psikolog, psikiater dan konselor serta Rumah Sakit Mental (Mental Hospital) secara merata di tanah air.

Mengingat Indonesia saat ini mengalami darurat kesehatan Mental, dengan hampir 30 juta jiwa mengalami gangguan jiwa ringan sampai berat. Juga meningkatnya konflik dan perceraian rumah tangga dan masalah keluarga lainnya yang membutuhkan konselor atau pendamping.

Untuk itu sejak 2002 Julianto, Roswitha dan tim rutin kampanye, Retret Keluarga, seminar  Konseling & Parenting ke lebih 100 Kota, 33 Propinsi Indonesia, 16 Negara di empat benua. Mereka mendidik para konselor bekerja sama dengan delapan STT dan Mengadakn MOU dengan Beberapa Sinode dan Lembaga
Mereka mendirikan LK3 atau Layanan Konseling Keluarga dan Karir (LK3) pada tahun 2002 dengan visi melihat berdirinya pusat-pusat konseling di tanah air secara merata.

Selain menulis dan konseling, fokus utama Julianto adalah mendidik calon konselor di beberapa STT. Sekaligus pendidikan Sertifikasi Konselor buat  para alumni. Alumni dan Mahasiswa tersebar di 50 Kota dan 8 Negara.  Program pendidikan konselor mereka  bisa di akses lewat website: studipastoral.com serta rutin mengadakan konperensi konselor secara nasional.

Tujuannya untuk Memperlengkapi para Pendeta dan pengerja gereja dan pendidik dapat melakukan pelayanan konseling.  Pelatihan dan seminar LK3  telah dihadiri utusan lebih dari 200 lembaga. Selain itu mengadakan program sertifikasi konselor dan sertifikasi Trainer bagi para fasilitator konselor di dalam dan luar negeri.

Fokus lainnya mereka mengadakan Retreat KELUARGA KREATIF untuk memperkaya kesehatan relasi suami istri agar sehat dan berfungsi di pelbagai Kota.
Mereka pernah menerima penghargaan dari badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat karena dedikasi melayani keluarga pecandu dan HIV/Aids pada tahun 2009.
Mereka menulis lebih dari 25 judul buku Konseling keluarga baik sendiri atau pun bersama  Tim.  Beberapa judul buku Julianto Simanjuntak dan Roswitha Ndraha  antara lain:

1. Seni Merayakan Hidup yang Sulit
2. Mencinta Hingga Terluka
3. Kesehatan Mental dan Masa Depan Anak float: right;
4. Perlengkapan Seorang Konselor
5. Hidup Berguna Mati Bahagia
6. Mendisiplin Anak Dengan Cerita
7. Kompak Mengasuh Anak
8. Membangun Harga Diri Anak
9. Mengubah Pasangan Tanpa Perkataan
10. Mendidik Anak utuh Menuai Keluarga Tangguh
11. Banyak Cocok Sedikit Cekcok
12. Seni Merawat Keluarga
13. Bersahabat Dengan Remaja
14. Membangun Karakter Seksual Anak
15. Merekayasa Lingkungan Anak
16. Alat Peraga di Tangan Tuhan
17. Konseling dan Amanat Agung
18. Pendeta: Panggilan, Keluarga dan Pelayanannya
19. Alasan-Alasan mempertahankan Perkawinan
20. MENGENALI MONSTER PRIBADI: Seni Pemulihan Diri dan Pohon Keluarga
21. Kebisuan Para Ayah (ebook)
22. Merawat Luka Batin Anak (Ebook)
23. Program Gereja Berbasis Keluarga (Ebook)
24. Membangun Kepuasan Karier dan Pernikahan (Ebook)
Dll

Buku- buku mereka di endorse atau mendapat pujian dari Jakob Oetama (Chairman Kompas Gramedia), Prof. Irwanto PhD, Prof. Dr Wimpie pangkahila, Prof. Taliziduhu Ndraha, Prof. Mesach Krisetya, DR (HC) Jonathan Parapak, James Riady (CEO Lippo Group), dll.

Julianto Simanjuntak

Back to top