Tanggal 1 Juni 2002 adalah hari lahirnya Layanan konseling Keluarga dan Karir (LK3), yang melekat pada satu Visi dari Tuhan. Julianto dan Roswitha -menangkap kebutuhan masyarakat, hadirnya 1 Pusat konseling di setiap kota Indonesia, dan tersedianya psikolog, psikiater dan konselor secara merata di Indonesia. Hampir 30 juta penduduk mengalami gangguan jiwa, belum terlayani dengan semestinya. Panggilan inilah yang membuat kami memulai satu gerakan mendorong masyarakat peduli konseling.

Julianto dan Roswitha mulai dengan membentuk konseling kelompok "senasib" tahun 2002 sd 2004. Yakni  terapi kelompok untuk masalah narkoba dan HIV. Kelompok  dengan masalah perceraian dan perselingkuhan. Ada konseling kelompok kasus Gay dan Lesbi, serta kelompok keluarga dengan  anak berkebutuhan khusus. Kini Konseling kelompok berkembang diadakan para mahasiswa kami di kota dan komunitas mereka.

Untuk memperkenalkan konseling dan mengedukasi masyarakat tentang konseling 2003 kami mulai menulis buku, Seni Merayakan Hidup dan yang sulit. Kemudian  Buku  mencinta hingga terluka (2004) Sampai saat ini kami menulis 23 judul. Lewat buku tsb banyak orang mulai terbuka  pergi konseling, dan menghadiri pendidikan Konseling. Tahun 2006 kami pernah menjalankan program  KKJJ atau Kursus Konseling Jarak Jauh; tahun 2008 kami mulai terlibat mengajar program S2 Konseling di beberapa STT.

LK3 juga melakukan kampanye konseling dengan memberikan layanan konseling di Radio HeartLine dan RPK, lewat TV hingga tahun 2005.

Tahun 2004 kita mulai Divisi CPE, Counseling and Parenting Education. Menyediakan modul  training atau  kursus singkat konseling di beberapa kota secara rutin dibeberapa kota.

Karrna besarnya kebutuhan akan konseling kami rutin diundang memberi seminar edukasi konseling dan parenting di lebih 100 kota dan 32 Propinsi dan 18 Negara.

Rasa bangga kami untuk alumni yang sudah menabur di kota masing-masing. Ladang konseling sudah menguning dan siap untuk dituai.

Kami juga  mengadakan sertifikasi konselor dan trainer, melatih alumni dan mitra menjadi pembicara retret, seminar, training atau dosen. Kemitraan akan diperluas dengan jejaring komunitas lainnya seperti pusat konsultasi psikologi, Rumah Sakit, pusat konseling khusus, juga dgn Gereja lokal hingga sinodal dalam pelatihan pemimpin dsb. Juga menyiapkan secara khusus modul retret Pemimpin yang kami beri nama KELUARGA KREATIF.

Salam konseling.

Visi kami: Hadirnya 1 Pusat konseling di setiap kota Indonesia; tersedianya psikolog, psikiater dan konselor secara merata (Tahun 2030)

Dr. Julianto Simanjuntak
Roswitha Ndraha ~ LK3

Back to top